Semangat Juang Kartini Yang Terasa dalam Gerakan Pramuka

Tanggal 21 April biasa diperingati dengan Hari Kartini. Pada hari ini, seluruh Indonesia memperingati perjuangan seorang wanita untuk mendapatkan hak – hak dan kesetaraannya dihadapan para pria, R. A. Kartini. Ibu kita, Kartini Lahir di Rembang, 17 September 1904. Kartini Merupakan pioneer dalam kesetaraan wanita untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Kartini berjuang untuk seluruh wanita Indonesia, mengingatkan mereka, bahwa para wanita pun berhak mempunyai mimpi dan berhak berusaha untuk menggapainya.

Source : Pinterest

Semangat Juang Kartini ini masih terasa hingga saat ini. Salah satunya, dalam Gerakan Pramuka. Gerakan Pramuka merupakan wadah kaderisasi yang mencetak generasi – generasi bangsa yang berbudi pekerti, disiplin, dan berkualitas sebagai seorang individu. Tidak pernah ada diskriminasi dalam usaha Gerakan Pramuka untuk mendidik setiap anggotanya. Gerakan Pramuka sadar bahwa perjuangan Kartini di masa lampau tidak boleh sia – sia.

            Hal ini dibuktikan dengan pagelaran acara yang rutin diselenggarakan Gerakan Pramuka, setiap peringatan Hari Kartini. Mulai dari bakti sosial, seminar – seminar, hingga lomba – lomba diadakan untuk mengingatkan kita akan perjuangan Ibu kita, Kartini di masa lampau.

            Diharapkan dengan diadakannya berbagai acara seperti ini, para anggota Pramuka dapat menghayati semangat juang Kartini, dan berusaha melanjutkan usahanya. Tatanan sosial yang masih didominasi oleh nilai – nilai misogini dan patriarki harus dilawan. Diharapkan agar para wanita menyadari hal ini, dan berusaha memperjuangkan hak – haknya serta membebaskan diri dari setiap diskriminasi yang ada. Juga diharapkan agar para pria menyadari hal ini, dan akhirnya mencegah agar diskriminasi terhadap perempuan tidak terjadi lagi.

Penulis : Setyaningrum, Anggraini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *